Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jual Kaos Wisata

Jual Kaos Wisata

jasa desain kaos - desain baju batik - setting film sablon ------- kontak WA 081394478284

jasa desain kaos - desain baju batik - setting film sablon -------  kontak WA 081394478284

keindahan alam tempat objek wisata taman laut nasional bunaken manado

keindahan-alam-objek-wisata-taman-laut-nasional-bunaken-manado
keindahan alam tempat objek wisata taman laut nasional bunaken manadokeindahan-alam-objek-wisata-taman-laut-nasional-bunaken-manado

Taman Laut Bunaken adalah sebuah pulau di Teluk Manado, kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado.

Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang terkenal di dunia karean eksotik dan indah pemandangan alam laut yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki pesona keindahan alam laut yang banyak menarik banyak wisata domestik dan wisata mancanegara salah satunya adalah wisata selam scuba. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau bunaken.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.


Berbicara tentang keindahan dan pesona wisata alam taman laut nasional bunaken manado ternyata banyak wisata turis asing yang sudah merasakan keindahan panorama taman laut bunaken manado sulawesi utara itu.

Salah satunya ketika bertemu seorang penjual suvenir di kota cologne, jerman, bercerita tentang keindahan tempat objek wisata taman bawah laut nasional yang pernah ia saksikan di bunaken, manado, sulawesi utara, saya merasa ada yang kurang dalam obrolan soalnya saya memang belum pernah kesana, karena itu saya bertekad mengunjunginya untuk membuktikan pesona wisata alam taman laut national bunaken manado yang indah.

Pesona wisata alam taman bawah laut nasional bunaken manado terletak di Kepulauan bunaken sulawesi utara dapat dilihat langsung dari bulevard manado, pusat rekreasi dan belanja di tepi laut kota itu.

Bisa dicapai dengan naik perahu motor dari pasar jengki atau dermaga manado selama satu jam perjalanan, atau dari dermaga hotel santika yang letaknya di luar kota manado dengan waktu tempuh 45 menit.

Taman laut nasional bunaken manado yang berada di Kepulauan bunaken  luasnya 89.065 hektare  terdiri dari lima pulau, manado tua, mantehage, nain, seladen, dan bunaken, dihuni oleh sekitar 20.000 penduduk yang menggantungkan hidupnya dari mencari ikan di sekitar kepulauan tersebut.

Tak heran, usaha untuk menjadikan kawasan pulau itu sebagai daerah yang dilindungi kadang-kadang menimbulkan perbedaan kepentingan.

Namun, derasnya arus wisatawan yang datang dan puncaknya pada bulan juli-agustus setiap tahun, berangsur-angsur menyadarkan penduduk setempat.apalagi sifat penduduk yang terbuka dan tidak cangggung dengan pertemuan budaya luar, menjadikan wisatawan asing bisa betah tinggal di sini.

Usaha resor beserta perlengkapan selam banyak dikelola oleh orang asing, sementara itu usaha perahu yang dilengkapi dengan aquarium untuk melihat pemandangan bawah laut dan juga penyediaan makanan serta penjualan suvenir menjadi porsi penduduk setempat.

Sebab, setelah berlayar dari daratan manado, yang perahunya juga usaha perseorangan, para wisatawan harus pindah ke perahu aquarium untuk diajak menikmati keindahan bawah air.

Secara keseluruhan ada 84 spot kawasan taman laut yang benar-benar luar biasa keindahannya sebagai surga taman bawah laut terindah di dunia karena airnya jernih dan permukaan karang atau koral hanya sekitar 2-5 meter dari permukaan air, sehingga bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Kita tinggal berputar-putar sambil melihat pemandangan taman laut di atas perahu. Sungguh sulit dilukiskan dengan kata-kata keindahan terumbu karang bunaken ini.slogan the great wall in the world, yang terpampang di internet sebagai promosi bunaken, rasanya sesuai untuk menggambarkan berbagai bentuk karang dengan warna-warni yang cerah.

Jajaran karang itu ibaratnya merupakan saingan dari the great wall of cina, tembok cina yang lebih dulu terkenal. Bedanya tembok di bunaken iniberada di dalam laut yang dikelilingi lebih dari 2.500 spesies ikan yang hilir mudik di antara terumbu karang.

Keseluruhan wilayah kepulauan bunaken ini 97 persen berair jernih dan diakui oleh ICRAN, international  coral reef action network, sebagai salah satu taman laut terbaik di kawasan asia pasifik.

Wilayahnya harus dilindungi dan masuk dalam konvensi  WCPA ,the world commission on protected areas. Demikian juga badan dunia WWF, the world wide fun for nature, menyatakan bunaken sebagai cagar alam dunia.

Terumbu-terumbu karang ini membentuk semacam dinding di antara palungan-palungan yang berkedalaman dari 40 m sampai dengan 1.600 meter. Bayangkan berapa ratus tahun proses terbentuknya “dinding-dinding” nan indah ini, jika pertumbuhannya menurut ahli biota laut hanya sekitar 2,5 cm pertahun.

Jika “dinding” ini sampai rusak akibat tangan manusia, sulit dibayangkan berapa lama alam akanbisa membangunnya kembali. Karen aitu, patuhilah larangan ketika anda menyelam atau snorkeling, misalnya jangan mengunjak dan mengambil apapun dari koral-koral ini termasuk mengusik penghuninya.

Barakuda bakar

Barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki.[2] Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Jika kurang puas menyaksikan pemandangan bawah air hanya dari atas perahu melalui aquarium kaca, kita bisa menyewa alat-alat selam di kawaan bunaken seperti snorkel dan sirip berenang yang cukup untuk sekedar mengambang bila ingin menyelam anda harusa menunjukkan sertifikat selam berlebih dahulu.

Puas bermain di air pasti perut lapar, dan di kawasan bunaken ini terdapat warung-warung dengan makanan spesialis ikan-ikan bakar.apapun jenisnya ikan itu dengan bumbu masakan ala manado yang cukup pedas.

Memang nikmat benar.terutama ikan barakuda bakar yang sebesar paha orang dewasa dilengkapi sayur kangkung segar atau daun dan kembang pepaya.

Di tepi pantai sudah siap penduduk yang menjual suvenir dari t-shirt, tas, dan kerajinan tangan lain yang harganya cukup murah.

related post



Related : keindahan alam tempat objek wisata taman laut nasional bunaken manado

0 Komentar untuk "keindahan alam tempat objek wisata taman laut nasional bunaken manado"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.