-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Mau dapat pulsa dan hadiah Gratis !! Ayo isi Survey di sini

cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran


cara-mudik-aman-dan-nyaman-saat-pulang-kampung-lebaran
cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebarancara-mudik-aman-dan-nyaman-saat-pulang-kampung-lebaran 

Mudik lebaran adalah suatu tradisi di indonesia menjelang berakhirnya puasa bulan ramadhan dan hari raya lebaran idul fitri untuk berkumpul bersama sanak keluarga dikampung halaman masing-nasing .


Mudik lebaran merupakan perjalanan pulang kampung yang dinanti setiap tahunnya khususnya perantau yang jauh dari keluarga untuk berkumpul keluarga ,orang tua dan sanak saudara yang tersebar di perantauan, 



Mudik atau pulang kampung bagi yang harus menempuh perjalanan jauh dan sepanjang hari atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi seperti mudik dengan mobil ataupun mudik dengan motor cukup melelahkan fisik , 

namun itu semuanya perlu dipersiapkan keperluan mudik lebaran dengan benar agar keselamatan dan kenyamanan dalam bermudik tetap terjaga. 

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran sebaiknya sobat mengetahui tips-tips cara mudik lebaran agar mudik lebaran sobat aman dan nyaman sampai selamat kota tujuan sobat.

Kali ini  tipstriksib berbagi tips bagaimana cara mudik lebaran yang aman dan nyaman saat lebaran selama perjalanan ke kampung halaman.


Berikut adalah beberapa tips cara mudik yang aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran

1. Jaga stamina kesehatan tubuh



Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit selama mudik, ada baiknya sobat mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. 

Mulailah memperbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan. Ini untuk menjaga agar tubuh cairan tubuh tetap terjaga.

Selain air putih, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin agar stamina sobat tetap terjaga saat perjalanan jauh. Vitamin juga menjaga tubuh sobat agar tetap segar.


2. Cek kondisi kendaraan, baik motor maupun mobil pribadi 

Periksa kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). 

Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.


3.Packing Barang/ Muatan Dengan Benar


Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. 

Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

 4. Lakukan perjalanan malam



Jika ingin tidak terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, ada baiknya sobat mencoba untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. 

Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang sobat miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.


Keuntungan lain jika melakukan perjalanan malam adalah saat haus atau lapar di perjalanan, sobat bisa dengan mudahnya minum dan makan.


 Hal ini tentu tidak bisa sobat lakukan jika melakukan perjalanan siang. Makan dan minum di perjalanan juga mencegah datangnya kantuk.

5.Uang Tunai


Bawa uang tunai secukupnya, kalau di perjalanan ada kebutuhan mendadak untuk beli sesuatu .



6.Bawa Air Mentah



Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang.

 Air juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes. Tak ada salahnya ada juga membawa sabun.

 Air ini juga berguna bila bawa anak kecil/bayi tiba-tiba 'pup' saat kita tengah berada di daerah yang sulit air

5.Bekal Makanan 


Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara.

Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar 

Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

 6.Obat-Obatan

Bawa obat-obatan yang diperlukan dan biasa digunakan,terutama obat -obat untuk anak-anak.



7. Bawa peta mudik



Sebagai langkah antisipasi jika terpaksa sahur atau berbuka di jalan, ada baiknya selalu membawa peta mudik.

Di peta mudik biasanya tercantum lokasi-lokasi beristirahat, atau restoran. Melalui informasi ini, Anda bisa memperkirakan tempat istirahat sahur dan berbuka puasa.


8. Rehat sejenak setelah shalat



Jangan paksa untuk terus memacu kendaraan, terutama saat waktu shalat tiba. 

Carilah tempat salat dan istirahat sejenak sambil melemaskan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk. Air wudhu yang membasuh muka sebelum salat juga bisa menyegarkan kembali tubuh Anda.


9.Catatlah nomor telepon penting



Dengan mengantoingi nomor telepon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu saat anda mengalami masalah dalam perjalanan.


10.  Berdoa dan selalu memberi informasi mengenai keberadaan kita kepada keluarga dirumah.

Dan yang terakhir adalah berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan kelancaran dijalan selama mudik lebaran ke kampung halaman. 


Dan Selalu memberi informasi akan keberadaan kita kepada keluarga dirumah, sehingga keluarga di rumah tidak khawatir dengan keadaan kita dan mereka pun dapat memantau keberadaan kita.

baca juga artikel




Related : cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran

1 Komentar untuk "cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran"

berguna bgt ne tipz~Y, plagi buat bso' mudik...
thank'z...

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.