-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon ------- kontak WA 081394478284

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon -------  kontak WA 081394478284

tips sehat makan sahur : agar tidak malas makan sahur pagi


tips-sehat-makan-sahur-agar-tidak-malas-makan-sahur-pagi
tips sehat makan sahur : agar tidak malas makan sahur pagi sehat-makan-sahur-agar-tidak-malas-makan-sahur-pagi 

Di awal Bulan Puasa (Shaum ) ramadhan pola makan kita sedikit berubah , untuk makan pagi dimajukan ke jam 3 sampai jam 4 pagi dini hari yang kemudian disebut makan sahur. 

Mengingat belum terbiasa dengan pola makan Sahur , kebanyakan orang terlebih anak-anak menjadi malas dan ketiduran untuk bangun lebih pagi saat makan sahur di bulan puasa ramadhan sehingga mereka mengawali puasa tanpa sedikitpun makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Padahal banyak manfaat dan berkah dari makan sahur yaitu badan tetap sehat dan bugar selama puasa shaum ramadhan, terjaga kesehatan tubuh.

Melewatkan makan sahur saat puasa dapat menambah beban pencernaan, karena kesehatan lambung  menjadi terancam . 

Jika tidak makan sahur di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.saat berpuasa kondisi lambung kosong hampir 12 jam lebih.

Bila saat sahur tidak diisi, maka asam lambung menjadi terlalu tinggi , asam lambung yang tinggi menyebabkan kontak makanan dengan lambung menjadi tinggi pula sehingga ketika makan saat buka, perut akan terasa kembung dan perih

Ada beberapa tips cara sehat makan sahur agar tidak malas makan sahur

1. Saat sahur


hindari makanan yang manis-manis atau hanya minum air teh manis sangat tidak dianjurkan.

"Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas,"

Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Untuk menjaga pencernaan yang bagus sebaiknya makan tidak buru-buru. Begitu juga dengan sahur sebaiknya dilakukan 1 jam sebelum waktu imsak.

"Usahakan sahur dengan karbohidrat yang cukup karena karbohidrat mampu bertahan dalam tubuh hingga 5 jam setelah dikonsumsi,".

2. Bersahur dengan Karbohidrat dan Sayur yang cukup.


Selain karbohidrat seperti nasi dan kentang, sayur juga jangan diabaikan ketika sahur karena makanan berserat menahan insulin agar tidak cepat keluar.

3. Cukup minum air putih.


Agar kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terganggu. Sedangkan minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretic yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh.

4. Hindari makanan-makanan yang pedas,bergas atau asam. 


Untuk menghindari rasa perut begah ketika sedang menjalankan puasa sepanjang hari. Perut begah ketika puasa akan terjadi pada 2 hari awal puasa setelah itu perut akan mulai terbiasa.

baca juga artikel




Related : tips sehat makan sahur : agar tidak malas makan sahur pagi

2 Komentar untuk "tips sehat makan sahur : agar tidak malas makan sahur pagi"

Sahur yang baik adalah sahur yang dilakukan pada akhir-akhir waktunya, namun perlu ada kewaspadaan untuk memperhatikan batas yang telah ditentukan, nah jika dikaitkan dengan waktu/jam, maka sahur yang baik dilakukan biasanya pada pukul 04.30-04.45 WIB atau sebelum waktu imsak tiba (peringatan bahwa waktu sahur hampir habis). menurut saya ya sob :D

terimakasih atas infonya :)

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.