-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Mau dapat pulsa dan hadiah Gratis !! Ayo isi Survey di sini

keutamaan puasa ramadhan dan berkah manfaat bulan ramadhan


keutamaan-puasa-ramadhan-dan-berkah-manfaat-bulan-ramadhan
keutamaan puasa ramadhan dan berkah manfaat bulan ramadhankeutamaan-puasa-ramadhan-dan-berkah-manfaat-bulan-ramadhan

Puasa ( shaum ) menurut syariat mengandung pengertian adalah menahan diri dari segala sesuatu hal yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari, dengan disertai niat ibadah kepada Allah.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ



"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183).


Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam shahihnya 

Keutamaan bulan ramadhan hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Di dalam bulan Ramadhan, umatku diberi Allah SWT lima keistimewaan yang tidak pernah diberikan kepada nabi sebelumku, yaitu:

1. Pada awal Ramadhan Allah azza wa Jalla memandang mereka. Siapa yang telah dipandang Allah, maka orang itu tidak akan disiksaNya.

2. Bau mulut orang yang berpuasa, di waktu sore lebih harum dari pada bau minyak kesturi.

3. Siang dan malam para malaikat memohonkan ampunan buat mereka.

4. Allah memerintahkan kepada surga, dengan firmanNya: 'Bersiap-siaplah untuk hamba-hambaKu, karena mereka hampir beristirahat dari kelelahan dan kepayahan dunia ke sisiKu.'

5. Dan pada akhir malam bulan Ramadhan Allah mengampuni mereka semua.”

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Hakikat berpuasa di bulan suci ramadhan adalah melatih diri kita agar dapat menghindari perbuatan dosa di luar bulan suci Ramadhan  dan mengajak kita untuk selalu berbuat kebajikan dan beramal sholeh .

Tujuan puasa ramadhan adalah menjaga keseimbangan hidup antara kehidupan duniawi dan kehidupan akhirat agar tercapai kebahagian dunia dan akhirat dengan mengisi hari-hari di bulan puasa ramadhan penuh amalan sholeh puasa seperti sholat tarawih dan witir, bersedekah, Itikaf, tadarus membaca ayat-ayat al-qur'an , silaturahmi, menghindari diri dari yang haram, dan banyak lagi.

Para ulama membagi Fase bulan ramadhan dibagi menjadi 3 tahap yaitu

-fase pertama sepuluh hari awal Puasa Ramadhan sebagai fase rahmat , 

-fase kedua sepuluh hari pertengahan Puasa Ramadhan sebagai fase maghfirah 

-fase ketiga sepuluh hari terakhir Puasa Ramadhan sebagai fase pembebasan dari api neraka.


Oleh karena itu kita harus memanfaatkan bulan suci ramadhan sebagai momentum bulan agung penuh pahala berlipat dan maghfirah dari Alloh SWT untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh.

Pada kesempatan ini tipstriksib akan memberikan uraian tentang hikmah keutamaan bulan puasa ramadhan. Berikut adalah hikmah dan keistimewaan bulan ramadhan;

1. Bulan Ramadhan adalah bulan melatih diri untuk disiplin waktu. Bangun lebih awal untuk sahur , begitu pula waktu berbuka harus menunggu adzan tanda buka puasa.

2. Bulan Ramadhan adalah bulan keseimbang dalam hidup.Di bulan Ramadhan diajarkan hidup seimbang, antara pekerjaan, dan Ibadah. Pekerjaan untuk kepentingan dunia dan Ibadah untuk kepentingan Akhirat.  Di bulan Ramadhan kita bersemangat untuk menambah amal-amal ibadah, dan amal-amal sunat.

3. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan Manusia akan pentingnya arti persaudaraan, dan silaturahmi.

4. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan  kepedulian kepada orang lain yang lemah. Di bulan Ramadhan kita puasa, merasaka lapar dan dahaga, mengingatkan kita betapa sedihnya nasib orang yang tidak berpunya, orang terlantar, anak yatim yang tiada orang tuanya, fakir miskin yang hidup di tempat yang tidak layak.

5. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan akan adanya tujuan setiap perbuatan dalam kehidupan.  Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil. Tapi jika tujuannya gagal maka puasa tidak ada arti apa-apa.  Jadi kita terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala macam amal ibadah.

6. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan hidup ini harus selalu mempunyai nilai ibadah. Sehingga kita terbiasa hidup dalam ibadah. Artinya semua dapat bernilai ibadah.

7. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap perbuatan, terutama yang mengandung dosa. Sehingga di dalam bulan Ramadhan kita dapat terbiasa dan terlatih untuk menghindari dosa-dosa kita agar kita senantiasa bersih dari perbuatan yang dapat menimbulkan dosa.

8. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan kita untuk selalu tabah dalam berbagai halangan dan rintangan.

9. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan kita hidup hemat dan sederhana.

10. Bulan Ramadhan  bulan yang mengajarkan kita rasa syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan pada kita.

Demikian hikmah manfaat puasa ramadhan agar kita memanfaatkan sebulan penuh puasa ramadhan
dengan amalan- amalah soleh  sehingga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Amin

baca juga artikel




Related : keutamaan puasa ramadhan dan berkah manfaat bulan ramadhan

0 Komentar untuk "keutamaan puasa ramadhan dan berkah manfaat bulan ramadhan"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.