-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

cara menyalip mendahului kendaraan mobil dengan benar dan aman


cara-menyalip-mendahului-kendaraan-mobil-dengan-benar-dan-aman
cara menyalip mendahului kendaraan mobil dengan benar dan amancara-menyalip-mendahului-kendaraan-mobil-dengan-benar-dan-aman

Etika dan aturan berlalu lintas sangat penting diperhatikan mulai dengan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor baik mobil dan motor harus selalu dibawa , mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan raya yang dilalui , kelengkapan berkendara saat mengendarai motor dan mobil seperti jaket helm, sarung tangan dan kelengkapan di fisik body motor harus lengkap seperti bagian spion, lampu, ban dipastikan dalam keadaan tidak rusak  agar saat berkendaraan anda semakin nyaman dan selamat dan terhindar dari kecelakaan yang tidak diharapkan. 



Hal yang harus menjadi perhatian saat anda sedang berkendara dijalur padat kendaraan yaitu saat menyalip kendaraan lain , banyak pengendara yang tidak menghiraukan keadaan sekitar saat menyalip atau mendahului kendaraan lainnya, akibatnya sering terjadi kecelakaan .

Menyalip atau mendahului kendaraan baik itu mobil, motor terlebih kendaraan besar seperti truk, bus, tronton, diperlukan konsentrasi tinggi saat mengemudi di jalan raya agar terhindara dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu pastikan dahulu kondisi jalan, apakah sudah kondusif dan memungkinkan untuk mendahului mobil atau motor di depan, dan selalu memberi kode lampu sein kepada pengendara lain agar pengendara lainya memperhatikan bahwa anda akan menyalipnya.

Berikut ini adalah cara-cara menyalip kendaraan dengan benar dan aman :

cara menyalip mendahului kendaraan mobil yang berhenti

Ada beberapa cara yang harus di lakukan saat ingin mendahului kendaraan yang berhenti dengan aman :

1. Perhatikan kecepatan kendaraan anda, kurangi kecepatan saat ingin mendahului kendaraan yang berhenti di jalan.


2. Sebaiknya salip dari kanan saja dan tidak di sarankan untuk menyalip dari arah kiri.


3. Perhatikan juga kendaraan yang berhenti tersebut, jika yang berhenti sebuah mobil anda harus pelan-pelan dan memperhatikan apakah ada yang membuka pintu atau tidak.


4. Perhatikan juga pada bagian lainnya apakah ada orang yang menyeberang jalan di saat kendaraan di depan kita itu berhenti agar semuanya selamat dan tidak terjadi apa-apa.



cara menyalip mendahului kendaraan mobil yang lebih pelan

1. Salip kendaraan yang lebih pelan dari arah kanan dan hidupkan lampu sein kanan untuk menandakan anda ingin menyalipnya dan memberikan kode pada kendaraan di belakang anda.


2. Di sarankan memang pada arah kanan untuk menyalip kendaraan lain.


3. Perhatikan juga pada arah yang berlawanan apakah ada kendaraan lain atau tidak, jika kosong segera salip.




Hal -hal yang dilarang atau  tidak boleh melakukan penyalipan


1. Saat berada di tikungan.


2. Saat menemui jembatan.


3. Jangan menyalip kendaraan saat jarak pandang kita tidak jelas, sebaiknya tunggu hingga semuanya aman.


4. Perhatikan Rambu-Rambu, Jika ada rambu di larang menyalip sebaiknya di patuhi.


Adapun kondisi jalan bisa juga berpengaruh terhadap situasi pengendara saat kan menyalip kendaraan diantaranya :

Cara menyalip kendaraan mobil saat kondisi cuaca hujan

Ketika turun hujan atau kabut, mengendarai mobil memang butuh perhatian ekstra. Kecepatan kendaraan pun lebih rendah dari kondisi normal. 


Tak lain karena kondisi jalan yang licin sangat berisiko terjadinya kecelakaan. Belum lagi jika ada genangan air yang bisa menyebabkan aquaplanning ketika dilewati mobil. 

Masih ada faktor jarak pandang yang juga berkurang ketika intensitas hujan tinggi.

Saat Anda perlu menyalip mobil lain dalam kondisi hujan, pastikan kondisi jalan sudah memungkinkan.

Lihat dahulu intensitas kendaraan di sekitar Anda. Selain itu tetap jaga jarak dengan mobil di depan. Beri lampu sein beberapa saat sebelum Anda menyalip supaya mobil di depan dan belakang tidak terkejut saat Anda bermanuver menyalip.

Nyalakan lampu utama mobil jika intensitas hujan tinggi. Hal ini berfungsi agar mobil di sekitar bisa melihat jika Anda berpindah jalur atau saat akan menyalip mobil di depan. 


Cermati pula tidak ada genangan air di permukaan jalan yang akan Anda lalui. Pergerakan setir maupun pedal gas sebaiknya dilakukan lebih halus ketimbang kondisi kering.

Hindari menyalip dari sebelah kiri, terutama bahu jalan Jaga jarak dan kecepatan saat berkendara di cuaca hujan Hindari pindah jalur jika melihat garis tidak putus di jalan


Cara menyalip kendaraan mobil saat berada di jalan tol bebas hambatan

Ketika Anda berada di jalan tol yang notabene kecepatan mobil rata-rata di atas 60 km/jam, perlu diperlukan konsentrasi ekstra untuk menyalip. 


Hal yang perlu dilakukan adalah mencermati tekstur jalan, serta kondisi kendaraan Anda apakah mampu untuk mencapai kecepatan tertentu untuk menyalip kendaraan didepan Anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah adalah posisi dan jarak antar mobil. Lihat kaca spion, apakah ada ruang memadai untuk mobil berpindah jalur untuk menyalip. 


Gunakan sein dan melihat jauh ke depan untuk memastikan kondisi jalan yang akan dilalui sudah aman.

Begitu memungkinkan untuk menyalip, tambah kecepatan secara gradual dan tak perlu tergesa-gesa. Sama halnya dengan pengaturan kemudi.

Tapi, jika kondisi mesin Anda tidak memadai untuk menyalip mobil di depan, sebaiknya urungkan niat menyalip mobil di depan.


Cara menyalip kendaraan mobil saat kondisi malam hari

Mirip seperti ketika hujan, proses menyalip di malam hari bisa saja terkendala visibilitas yang terbatas. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi lampu utama pada mobil Anda. 


Selain untuk penerang jalan, lampu depan mobil berfungsi untuk memberikan isyarat lampu jauh seperlunya agar mobil di depan Anda memberikan kesempatan untuk menyalip. Serta memberikan isyarat juga untuk kendaraan lawan arah jika Anda berada di jalan dua jalur.

Saat kondisi penerangan jalan minim, sebaiknya bersabar untuk tidak menyalip. Bisa jadi tikungan tidak jauh dari posisi saat Anda menyalip dan bisa berakibat fatal.


Demikian tips berkendaraan cara menyalip kendaraan dengan benar dan aman dengan berbagai situasi dan kondisi jalanan agar anda bisa berkendaraan dengan amandan nyaman selamat sampai tujuan.

baca artikel lainnya



Related : cara menyalip mendahului kendaraan mobil dengan benar dan aman

0 Komentar untuk "cara menyalip mendahului kendaraan mobil dengan benar dan aman"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.