-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

tips merawat mobil : cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir


tips-merawat-mobil-cara-cek-rem-mobil-tromol-dan-cakram-saat-menghadapi-banjir
tips merawat mobil : cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjirtips-merawat-mobil-cara-cek-rem-mobil-tromol-dan-cakram-saat-menghadapi-banjir

Rem adalah komponen kendaraan paling utama dalam berkendara , jika rem bermasalah dan rusak tentunya bisa menimbulkan  resiko kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang. Rem merupakan komponen kendaraan yang harus diprioritaskan untuk perawatan. 


Terlebih jika datang musim hujan ketika jalanan tergenang air banjir, yang mengharuskan kita harus menerobos genangan air banjir bisa berdampak pada kerusakan komponen kendaraan.


Komponen kendaraan yang paling rentan terkena gangguan atau rusak saat menerobos banjir adalah komponen rem karena ketika hujan maupun banjir, rem sangat rentan tersiram dan terendam air.

Para pengemudi kerap melalaikan dan memeriksa masalah rem ,  berpikir tidak akan ada masalah termasuk mobil -mobil yang memiliki ground clearance tinggi, dan kondisi mesin tetap prima pasca menerjang banjir. 


Alhasil banyak yang mengalami kendala terutama masalah rem disaat diterjang genangan air banjir.

Rem merupakan komponen yang kerap terkena air saat menerjang genangan air banjir sehingga dapat
menyebabkan kinerja perangkat pengereman  menurun.



Kali ini tipstriksib akan berbagi tips merawat mobil bagaimana cara memeriksa rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda perhatikan pada komponen rem tromol dan piringan cakram pasca menerjang genangan banjir


REM TROMOL/ DRUM

Rem tromol umumnya  digunakan di ban belakang. Kelemahan rem tromol  ini adalah pasca menerjang genangan, umumnya  air yang masuk akan menggenang di dalam tromol. 


Efeknya adalah timbul korosi pada  ruang tromol dan tertimbun  Apalagi jika setelah menerjang genangan, kendaraan lalu diparkir beberapa hari.

Jika pasca menerjang genangan  kendaraan langsung diparkir untuk waktu lama, karat akan mengendap di antara brake shoe dan ruang tromol. Hal ini akan menyebabkan fungsi rem parkir macet dan ban seolah terkunci di bagian belakang.

Deteksi kerusakan yang terjadi pun cenderung mudah-mudah sulit. Lantaran anda harus sedikit peka terhadap bunyi dan anomali yang terjadi pasca menerjang genangan.


Bunyi decit yang tak terlalu keras di bagian roda belakang ketika roda direm mengindikasikan ada kotoran dan air di ruang tromol.Jalankan kendaraan hingga rem berfungsi normal dan decit hilang.dan jangan gunakan rem parkir untuk beberapa  waktu hingga rem berfungsi benar-benar normal.

Jika rem sudah terindikasi tidak normal,segera bawa ke bengkel untuk di bongkar dan dibersihkan agar fungsi rem parkir dapat bekerja dengan prima dan tak mengunci.


REM CAKRAM / DISC BRAKE

Pada rem cakram ini,cenderung cukup mudah mendeteksinya. Namun sekali lagi,jika lali maka proses yang dibutuhkan untuk mengembalikan ke kondisi semula memakan biaya yang tinggi.


Antara lain untuk mengganti brake pad hingga membersihkan piringan  cakram dengan komperhensif.

Jika tak langsung dibersihkan memang tak semerta merta menurunkan performa pengereman  dengan drastis, namun karat tersebut jika menumpuk akan membuat brake pad tak memberikan tekanan yang merata pada piringan  cakram.

Imbas terburuk yang bisa diperoleh dari membiarkannya dalam jangka panjang   adalah brake pad akan habis tak merata dan mengikis piringan cakram. 


Solusinya adalah langsung bersihkan pirinigan cakram dengan air bertekanan untuk mengusir air kotor dari piringan dan kaliper. Tak perlu menggunakan sabun karena berpotensi menimbulkan korosi.

Demikian tips merawat mobil mengenai cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir

baca artikel lainnya



Related : tips merawat mobil : cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir

0 Komentar untuk "tips merawat mobil : cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.