-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon ------- kontak WA 081394478284

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon -------  kontak WA 081394478284

cara mencegah dampak negatif bahaya radiasi layar komputer


cara-mencegah-dampak-negatif-bahaya-radiasi-layar-komputer
cara mencegah dampak negatif bahaya radiasi layar komputercara-mencegah-dampak-negatif-bahaya-radiasi-layar-komputer

Teknologi yang canggih tentunya sangat membantu dan memudahkan segala macam aktivitas pekerjaan  sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. 


Dengan adanya internet bagi anda yang sering online baik itu di warnet maupun internetan di rumah dengan wifi , duduk berjam-jam saking asyiknya dengan kegiatan internet seperti main game, facebook, twitter, histagram,  sehingga betah berlama-lama duduk melihat layar monitor.

Namun semua kegiatan itu akan membawa dampak negatif radiasi layar komputer bagi para penggunanya salah satunya perangkat komputer dengan layar komputer. 


Jika anda berlama-lama di depan komputer dengan melototi layar komputer maka radiasi yang ditimbulkan layar komputer akan menyerang mata yang terkadang mata akan terasa perih, kering, terasa panas dan kemerahan akibat sering dan terlalu lama menatap layar komputer, laptop atau smartphone.  


Jenis radiasi yang di pancarkan komputer berupa radiasi Sinar X, Sinar ultraviolet,  Gelombang mikro semuanya bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mata. 


Menurut para ahli kondisi jika  Anda sering mengalami sakit kepala, seperti migraine,dan nyeri pada leher maupun bahu maka Anda mengalami computer vision syndrome (CVS).


Menurut American Optometric Association, CVS  / computer vision syndrome merupakan problem mata dan kemampuan melihat yang berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan yang menggunakan komputer.


Gejala yang timbul memang biasanya berupa mata mudah lelah,sakit kepala, penurunan kecepatan fokus pada lensa mata, iritasi mata (terasa panas, mata kering dan kemerahan), nyeri pada leher dan bahu. 

Penyebab utama CVS computer vision syndrome adalah mata yang menatap layar komputer dalam jangka waktu terlalu lama.  

Akibatnya, mata jadi kurang berkedip karena fokus menatap layar komputer. Padahal, mata normalnya berkedip 16-20 kali per menit. Sedangkan saat menatap layar komputer, mata hanya berkedip 4-6 kali per menit.


Menurut pakar ahli, CVS computer vision syndrome bisa menyebabkan rabun jauh (miopi) atau rabun dekat (hipermetropi). 

Namun tidak hanya berdampak kepada kesehatan,CVS computer vision syndrome juga berefek ke pekerjaan Anda sehingga produktivitas kerja dapat menurun, sering mengalami human error, seperti salah ketik atau hitung, dan penurunan kualitas pekerjaan.



Oleh sebab itu jagalah kesehatan mata dengan memberikan waktu jeda rehat dalam beraktivitas komputer anda, terlebih jika pekerjaan anda berkaitan dengan komputer.


Nah bagi Anda yang selalu berada di depan komputer, ada beberapa tips solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari radiasi komputer .

1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena  bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka  akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.


Untuk mengatasi dampak buruk CVS computer vision syndrome, ada beberapa solusi cara mengatasi dampak negatif bahaya radiasi layar komputer terhadap kesehatan mata

1. Bila Anda perokok, kurangi konsumsi rokok. Merokok bisa meningkatkan pembentukan katarak karena tingginya jumlah radikal bebas yang terkandung dalam satu batang rokok.

2. Perbanyak konsumsi makanan sehat. Makanan tinggi vitamin A dan C, serta omega 3 terbukti bagus untuk menjaga kesehatan mata.

3. Perhatikan sejarah kesehatan keluarga Anda, siapa tahu ada riwayat glaukoma, miopi, hipermetropi di keluarga Anda. Karakteristik anatomi mata Anda juga merupakan faktor keturunan.

Dan bila Anda sudah terdeteksi terkena gangguan mata, seperti miopi atau hipermetropi, lebih baik gunakan alat bantu penglihatan sesuai kebutuhan Anda.

4. Tak ada salahnya juga,saat bekerja di kantor, Anda mempraktikkan gerakan-gerakan relaksasi agar mata tidak lelah

Demikian beberapa dampak negatif bahaya radiasi layar komputer terhadap kesehatan mata dan solusi terbaik cara mengatasi efek radiasi yang di timbulkan komputer

related post




Related : cara mencegah dampak negatif bahaya radiasi layar komputer

0 Komentar untuk "cara mencegah dampak negatif bahaya radiasi layar komputer"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.