-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap


Cara-Membuat-Pakan-Ayam-Petelur-Alternatif-Sendiri-Murah-Lengkap
Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap Cara-Membuat-Pakan-Ayam-Petelur-Alternatif-Sendiri-Murah-Lengkap

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara secara khusus untuk diambil telurnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa ayam ras petelur merupakan strain unggul yang mempunyai daya produktifitas yang tinggi, baik jumlah maupun bobot telurnya sehingga apabila diusahakan dapat memberikan keuntungan kepada masyarakat (Prihatman, 2000).

Telur merupakan bahan pangan yang sempurna, karena mengandung zat-zat gizi yang
lengkap bagi pertumbuhan makhluk hidup.

Keunggulan telur sebagai produk peternakan yang kaya gizi juga mempunyai suatu kendala karena termasuk bahan pangan yang mudah rusak.

Kerusakannya dapat berupa kerusakan fisik, kerusakan kimia, dan kerusakan yang disebabkan
oleh serangan mikroba melalui pori-pori kerabang telur.

Pakan ayam petelur merupakan salah salah satu cara untuk meningkatkan hasil produktivitas telur dengan baik dan maksimal.

Pakan ayam petelur memang sangat beragam dan juga bervariasi mulai dari jagung halus dan kasar, br ayam, makanan limbah rumah tangga dan industri serta lainnya.

Pakan ayam petelur ini memang sangat beragam dan bervariasi tetapi memiliki kandungan yang sangat berbeda – beda juga, serta memiliki harga jual yang sangat jauh lebih tinggi di bandingkan dengan pakan pada biasanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini peternak harus membuat komposisi pakan, membuat cara alternatif untuk pakan ayam petelur hal ini bertujuan untuk memproleh keuntungan yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan biasanya.

 Berikut cara membuat pakan alternatif ayam petelur dengan mudah dan sederhana dilakukan.

 Jagung

Jagung merupakan sumber energi dan pakan yang baik untuk ayam karena jagung kaya akan sumber energi, tidak terdapat zat amilopektin. serta mengandung banyak pati dalam bentuk amilopektin. Namun jagung memiliki kandungan protein yang rendah serta kandungan lisin rendah dan kandungan metionin yang cukup tinggi. Untuk mengatasi kekurangan kandungan jagung maka dalam pemberian pakan, jagung harus dicampur dengan bungkil kedelai untuk mengatasi kekurangan amino dari jagung.

Dalam memilih jagung, gunakanlah jagung kuning karena memiliki pigmen kuning atau xantifil rata-rata 5 ppm dan karotin 0.05 ppm. Namun dalam memilih jagung, pilihlah jagung tua yang berdasarkan umur panennya karena kandungan energinya lebih banyak daripada jagung yang memiliki umur panen muda. Selain itu cermatilah dalam memilih pakan jagung, jangan pilih jagung yang terdapat tanda-tanda adanya jamur karena dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme ayak karena adanya kandungan mitotoksin yang diakibatkan oleh jamur. Penggunaan jagung dalam ransum maksimal sebanyak 70%.

Dedak Padi

Dedak adalah bahan pakan ternak yang diperoleh dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak sangat sering digunakan oleh peternak karena di dalam dedak terkandung sumber energi dan asam amino yang sangat baik bagi unggas, namun keseimbangan aminonya kurang baik. Selain itu dedak juga mengandung serat kasar yang baik untuk pakan ayam muda. Namun kandungan kadar lemak yang tinggi akan membuat dedak berbau tengik apabila disimpan terlalu lama. Penggunaan dedak padi dalam ransum antara 10-25% tergantung dari umur ayam.

Kualitas pada dedak padi harus diperiksa apa lagi jika untuk pakan ayam petelur karena jika kualitasnya buruk akan mengakibatkan ayam terganggu metabolismenya. Dedak yang berkualitas adalah dedak yang tak terdapat campuran kapur dan sekam. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara mengukur kepadatan dedak. Kepadatan dedak yang berkualitas memiliki kepadatan 417 kg/m3.

Sorgum

Sorgum merupakan sumber energi sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakan ayam petelur. Di indonesia, potensi sorgum kurang baik karena hanya terdapat di daerah tertentu saja. Kandungan protein sorgum lebih tinggi dari jagung dan mengandung sedikit xantifil (1,5 ppm). Kombinasi sorgum dengan bungkil kedele akan menghasilkan suplemen metionin dan lisin dengan baik. Sorgum memiliki zat antinutrisi yaitu tanin. Kandungan tanin sorgum sangat bervariasi, mulai dari 0,09-5,374%. Penggunaan dalam ransum 40-50% tergantung umur.

Singkong

Singkong merupakan bahan pakan yang baik untuk ayam karena kaya sumber energi yang hampir sama dengan jagung. Namun kandungan protein dalam singkong sangat rendah hanya sekitar 1-2% saja. Untuk menjadikan singkong sebagai pakan alternatif untuk ayam petelur anda maka singkong sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi gaplek untuk mengurangi zat antinutriennya. Gaplek sangat baik untuk dijadikan sumber energi bagi ayam petelur pada pemakaian ransum sebaiknnya kurang dari 20%.

Tepung Bekicot

Bekicot dapat digunakan menjadi bahan pakan yang kaya sumber protein untuk ayam. Penggunaan tepung bekicot dalam keadaan mentah hanya sebanyak 10%. Tetapi, apabila diolah dengan terlebih dahulu dengan merebusnya selama 15 menit dan ditambahkan larutan garam maka penggunaan tepung bekicot dapat ditambah hingga 20% pemakaian. Cara mengolah tepung bekicot sangat mudah, simak cara-caranya berikut.

Tepung bekicot mentah: Bekicot dibersihkan dan lalu dikeringkan.
Tepung bekicot rebus: Bekicot dibersihkan dan dilepas dari cangkang serta isi perut dibersihkan lalu direbus selama 15 menit, setelah itu bekicot digiling.
Tepung bekicot rebus dengan larutan garam: Pertama-tama rebus bekicot dengan garam selama 15 menit. Pembuatan larutan garam dibuat dengan cara melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 59 kg bekicot.

Minyak dan Lemak

Minyak/lemak merupakan bahan baku pakan sumber energi dan tidak mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Minyak/lemak digunakan dalam ransum yang membutuhkan energi tinggi. Selain sebagai bahan pakan sumber energi, penggunaan minyak/lemak dapat meningkatkan efisiensi pakan, mengurangi pakan berdebu serta memperbaiki warna, palatabilitas dan tekstur ransum. Berbagai sumber minyak yang dapat digunakan dalam ransum antara lain minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak ikan yang mengandung energi metabolis masing-masing 7.000, 7.200 dan 8.600 kkal/kg. Penggunaan maksimal minyak dalam pakan  sekitar 1-4%.

Ampas Kecap

Ampas kecap adalah sisa dari proses pembuatan kecap yang berbahan baku dari kedelai. Pemakaian ampas kecap pada ransum bisa mencapai 5%.

Kulit Buah Kopi

Kulit buah kopi adalah hasil sisa dari pengolahan kopi yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pakan ayam petelur.


Bahan – bahan

Jagung giling atau tidak
Bekatul
Tepun ikan
Kacang tanah
Sorgum
Singkong
Dedak padi
Ampas tahu
Ampas kelapa
Ampas kedelai
Dan limbah pertanian dan rumah tangga

Peralatan yang di gunakan

Plastik
Terpal
Pengaduk
Ragi ( jika dipelukan )
Air secukupnya
Dan juga lainnya

Cara membuat pakan alternatif ayam petelur

Membuat pakan alternatif ayam petelur ini sebenarnya sangat mudah dan sederhana, namun butuh waktu yang lumayan lama. Hal ini dapat dilakukan dengan cara antara lainnya.

Lakukan penjemuran bahan – bahan yang ingin di giling dan juga di campurkan selama 1-2 minggu hingga kering.

Melakukan pengabungan bahan yang akan di pilh diatas, dengan cara mengaduknya hingga merata. Jika ingin merata dan tergabung dengan baik sebaiknya menggunakan mesin penghalus dengan baik.
Setelah tercampur dengan baik, lakukan penjemuran dengan maksimal sekitar 1-2 hari untuk menghasil tingkat kekeringan yang tinggi.

Dalam penjemuran ini membutuhkan terpal dengan mengelarnya terik matahari bertujuan untuk menjemur bahan agar cepat kering dengan maksimal
Setelah kering lakukan penuangan di ember plastik hingga tergabung kembali dan juga lakukan pemberian suplemen tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur dan meningkatkan produktivitas telur.

Setelah selasai, lakukan pemisahan di wadah yang sudah di tentukan dan juga lakukan pemberian pakan dengan baik

Dalam pemberian pakan ini sebaiknya memberikan air sekupunya dan lakukan pengadukan sebelum pemberian pakan tersebut.

Cara pemberian pakan ayam petelur

Pemberian pakan dengan bahan alternatif ini memang sangat jauh berbeda pada pakan biasanya.
Pemberian pakan ini di berikan ½ – ¼ kg pertempat pakan dengan ukuran sedang.
Pemberian pakan ini dilakukan dua kali dalam sehari dengan menambahkan air secukupnya
Pemberian pakan ini dengan cara mengaduk bahan yang sudah di giling dan mencampurkan air secukupnya hingga merata.
Pemberian pakan ini diberi pada pagi dan sore hari

Demikian Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap

Related : Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap

0 Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.