-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon ------- kontak WA 081394478284

jasa desain kaos -baju batik -KERUDUNG- setting film sablon -------  kontak WA 081394478284

Tips Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh saat berpuasa


Tips-Cara-memilih-Menu-Buka-Puasa-yang-baik-dan-sehat-untuk-kesehatan-tubuh-saat-berpuasa
Tips Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh saat berpuasa Tips-Cara-memilih-Menu-Buka-Puasa-yang-baik-dan-sehat-untuk-kesehatan-tubuh-saat-berpuasa

‎Berpuasa di bulan Ramadhan tentunya bagi sebagian orang terasa berat mengingat harus menahan lapar dan dahaga di siang hari terutama bagi para pekerja buruh kasar yang aktivitas kesehariannya membutuhkan ekstra tenaga .

Namun itu semua bisa diatasi dengan mengatur pola makanan ketika kita makan sahur dan berbuka puasa agar energi yang tersimpan didalam tubuh lebih lama .

Orang yang berpuasa cenderung memiliki hasrat untuk makan banyak ketika berbuka. Terlebih ketika mereka dihadapkan dengan hidangan-hidangan yang lezat dan mengundang selera.

Hal inilah yang sebenarnya mesti diperhatikan utamakan sobat mengkonsumi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dan baik untuk kesehatan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi makanan .

Energi atau Kalori

Energi atau kalori ini juga harus diperhatikan karena sangat berhubungan erat dengan kembalinya energi dalam tubuh. Makanan yang manis sangat diutamakan karena mengandung gula yang bisa memulihkan kembali energi. Hal ini penting, karena setelah bebruka puasa harus melaksanakan ibadah lainnya seperti shalat magrib, isya, dan tarawih (saat puasa di bulan Ramadhan). Jumlah energi tidak perlu terlalu banyak, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Menu yang ringan saat berbuka

Sebaiknya tidak langsung memakan yang berat-berat terlebih dahulu seperti nasi, gorengan, lauk pauk yang sulit dicerna tubuh. Tubuh selama berpuasa kosong dari makanan sehingga butuh waktu metabolisme tubuh dan proses mencerna dengan baik kembali. Jika langsung memakan-makanan yang berat maka akan malah sulit dicerna dan tubuh kelelahan yang mengakibatkan mudah mengantuk dan lemas.

Jangan terlalu banyak makan

Alangkah baiknya pula jika memakan makanan yang dicicil tidak langsung banyak. Hal ini membuah tubuh kita kembali energi perlahan tidak langsung naik dan kaget. Untuk itu bisa anda siasati dengan memakan sajian yang ringan terlebih dahulu baru makan-makanan yang berat setelah selesai shalat magrib atau isya.

Berikut adalah beberapa pilihan menu untuk berbuka puasa yang sebaiknya Anda konsumsi agar tubuh tetap sehat selama menjalani bulan puasa.

Kurma

Anjuran Rasulullah Saw. untuk memakan 3 buah kurma ketika berbuka puasa tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, buah manis yang memiliki tekstur berserat ini sangat kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, serta sukrosa dengan kadar kalori rendah yang efektif untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Weill Cornell Medicine Qatar, kurma juga banyak mengandung phytochemical—bahan kimia alami yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, serta memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi.

Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa adalah hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lemas. Karenanya, sangat dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu ketika berbuka agar cairan tubuh yang hilang saat berpuasa bisa kembali normal.

Madu

Madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, cairan ini kaya akan kandungan antioksidan, kalium, vitamin, zat besi, sulfur, serta zat-zat baik lainnya yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk di antaranya seperti gangguan pencernaan, diabetes, kardiovaskular, asma, hingga obesitas.

Di samping itu, kandungan fruktosa dan glukosa yang dimiliki madu juga sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dan stamina yang hilang ketika berpuasa.


Buah-Buahan Berserat

Menu buka puasa sehat selanjutnya yang juga sangat dianjurkan adalah buah-buahan segar. Selain mengandung banyak cairan, kandungan serat yang dimiliki oleh buah juga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat seperti semangka, melon, anggur, apel, serta pepaya.

Sayur-Sayuran

Selain buah, sayur-sayuran juga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka. Pasalnya, ukuran lambung orang yang berpuasa akan cenderung dan memproduksi sedikit enzim pencernaan. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak kaget dan bekerja terlalu berat. Adapun beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai menu berbuka antara lain adalah bayam, sawi, brokoli, kangkung, serta sayuran-sayuran hijau lainnya.

Ikan

Ikan juga bisa Anda konsumsi sebagai pendamping ketika berbuka. Pasalnya, ikan sangat kaya akan kandungan protein, antioksidan, omega 3, vitamin D, vitamin B2, serta sejumlah mineral-mineral baik yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh selama menjalani ibadah puasa. Adapun beberapa jenis ikan yang bisa Anda konsumsi di antaranya adalah ikan tuna, ikan cod, serta ikan salmon.

Telur

Sumber protein lain yang juga disarankan sebagai menu berbuka adalah telur. Selain mudah dicerna oleh tubuh, telur juga sangat kaya akan kandungan protein. Dalam satu butir telur, setidaknya terdapat 6 gram protein dan 9 macam asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Demikian Tips Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh saat berpuasa

Related : Tips Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh saat berpuasa

0 Komentar untuk "Tips Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh saat berpuasa"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.