-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Panduan Tahap cara memelihara ternak budidaya kambing etawa untuk pemula


panduan-tahap-cara-memelihara-ternak-kambing-etawa-untuk-pemula-lengkap
Panduan Tahap cara memelihara ternak budidaya kambing etawa untuk pemula panduan-tahap-cara-memelihara-ternak-kambing-etawa-untuk-pemula-lengkap

Kambing Etawa adalah salah satu jenis kambing terpopuler di Asia Tenggara yang berasal dari distrik Etawah (India).

Pada dasarnya memelihara ternak kambing etawa sama saja dengan kambing lokal lainnya. Pakan untuk kambing etawa juga terbilang sama dengan kambing lainnya.

Ternak kambing etawa sangatlah mudah dan tidak banyak kendala asalkan bisa menjalankan tahapan-tahapan yang saya berikan dengan baik.

Beternak kambing etawa pada dasarnya hanya terdiri dari 3 aspek. Yakni pengadaan kambing, pemberian pakan dan pelaksanaan. Jika kita mampu melakukan semua hal tersebut dengan baik, maka proses ternak akan berjalan dengan baik. Proses-proses tersebut memiliki tingkat kesulitan berbeda, tergantung pengalaman dan kondisi yang terjadi saat itu.

Berikut adalah cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula

Proses pengadaan indukan/bibitan kambing etawa

Dalam proses pengadaan kambing lebih baik kita membeli indukan atau bibitan dari kelompok peternak yang sudah cukp terpercaya. Karena dengan melakukan itu kita bisa mengetahui track record dari kambing yang akan kita budidaya tersebut. Kambing yang bagus untuk digunakan sebagai pejantan yaitu yang memiliki punggung lurus/tidak bengkok, postur tubuh yang besar dan gagah, memiliki kaki yang kokoh, memilki umur lebih dari 1,5 tahun serta tidak ada cacat. Sedangkan indukan kambing jenis etawa yang bagus secara umum adalah kaki lurus, jinak, berputing dua buah, bertubuh proporsional dan simetri lurus, tumit cenderung tinggi dan juga sehat tanpa ada cacat.


Prosedur pelaksanaan ternak kambing etawa

Standar utama untuk kandang bagi kambing etawa adalah kebutuhan akan sinar matahari yang cukup, bersih, sedikit jauh dari rumah, dan hawa angin dapat keluar masuk dari ventilasi. Tujuan kandang terkena sinar matahari yaitu untuk mencegah kotoran dan bakteri yang cepat bertumbuh di lingkungan sekitar kandang.

Apabila kita kurang memperhatikan tingkat kebersihan dan pola makan, dikhawatirkan kambing akan terjangkit cacingan dan terkena penyakit scabies/kudisan. Setelah memasuki masa panen, teruslah rawat kambing dan tingkatkan produksi serta budidaya. Karena semua bagian dari kambing baik itu susu, daging, kotoran, dan kulitnya akan laku jika dijual.

Biasanya saat usia kambing lebih dari 1,5 tahun berat badan kambing sudah sulit untuk dinaikan lagi. Pada saat itu, siasatilah penjualan saat kambing sedang dalam masa naik daun. Dengan begitu kambing tetap bisa terjual dengan harga yang terbilang lumayan.


Proses perkawinan

Perkawinan adalah tahap lanjutan setelah indukan didapatkan. Ketika dalam proses perawatan indukan sebaiknya berikan perawatan yang maksimal agar sperma jantan dapat lebih banyak dan sehat. begitu juga dengan indukan betina agar dapat membuahi sperma jantan dengan sempurna. Ketika proses perawatan berikanlah vitamin serta pakan tambahan yang bermutu.

Kambing betina yang sudah minta di kawinkan memiliki tanda-tanda yang anda harus ketahui. Kambing betina akan beregerak secara gelisah, pada alat kelamin luarnya akan berubah agak membesar dan berwarna kemerah-merahan. Biasanya kambing betina yang sudah minta di kawinkan akan berkurang nafsu makannya dan ketika tubuhnya dinaiki pejantan si betina tidak akan memberontak.

Setelah ditemukan gejala-gejala yang telah di sebutkan maka langkah yang anda harus lakukan adalah menempatkan kambing jantan dan betina pada satu kandang yang sama. Namun sebaiknya hal tersebut dilakukan ketika 12-20 jam setelah ditemukan tanda-tanda kambing betina minta di kawinkan.

Masa Kelahiran Indukan

Kambing etawa betina yang telah hamil tua akan menunjukan tanda-tanda seperti gelisah, nafsu makan berkurang, serta apabila diperhatikan kakinya sering menggaruk-garuk lantai. Tanda-tanda fisik pada kambing betina yang sedang hamil tua biasanya pada puting susu terlihat dan lebih besar dank eras bila dipegang, pada kelamin luar membengkak dan sedikit berlendir. Apabila alat kelamin luas telah mengeluarkan cairan maka dapat dipastikan indukan akan segera melahirkan.

Dalam proses kelahiran bayi kambing, peternak harus mengambil peran di dalamnya agar proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Ketika kambing betina sudah ingin melahirkan peternak harus menyediakan lap kering untuk membersihkan cairan yang keluar ketika proses melahirkan. Air hangat juga harus disediakan untuk membersihkan lendir pada vulva atau kelamin luar.

Pada proses normal kambing etawa akan melahirkan 2-4 anak kambing. Sangat jarang kambing etawa melahirkan 1 anak kambing. Setelah kambing melahirkan, bersihkan darah dan lendir yang terdapat pada anak kambing dengan menggunakan lap yang telah di sediakan. Bertujuan agar anak kambing dapat bernafas dengan lancar.

Apabila anak kambing masih sulit bernafas, maka ada dua langkah yang harus dilakukan peternak agar anak kambing tetap hidup. Langkah pertama, angkat kedua kaki anak kambing hingga kepalanya berada dibawah hal ini bertujuan agar peredaran darah anak kambing dapat lancar. Lalu langkah kedua masukkan jari kelingking kedalam mulut anak kambing untuk mengeluarkan lendir yang terdapat di dalamnya.

Masa Bonding

Masa Bonding atau masa jalinan adalah masa ketika indukan ingin mengenali anaknya. Biasanya indukan kambing akan menjilati anaknya ketika baru melahirkan. Namun ada saat dimana indukan tidak menjilati anaknya dikarenakan proses kelahiran yang menyakitkan. Namun apabila hal tersebut terjadi peran peternak sangat dibutuhkan agar indukan dapat dengan cepat mengenali anaknya.
Ketika lendir pada tubuh anak kambing selesai di bersihkan, letakkan anak kambing tepat di depan induknya. Ketika hal ini dilakukan indukan akan menciumi anaknya untuk mengenali bau anaknya. Dengan cara tersebut proses bonding akan lebih cepat berlangsung daripada membiarkan proses bonding berjalan secara alami.

Perawatan Anak Kambing

Ketika anak kambing dilahirkan biasanya sang induk sudah siap untuk menyusui anaknya. Namun apabila induk belum bisa menyusui anaknya dikarenakan fisik yang belum pulih pasca melahirkan peternak dapat membuatkan susu buatan untuk anak kambing. Susu kambing buatan terdiri dari campuran susu kambing murni, gula 1 Sdm, dan 1 butir telur aduh hingga rata dan beikan dengan menggunakan dot. Lakukan terus hingga indukan bisa menyusui anaknya.

Pemberian Pakan

Pakan kambing etawa sebenarnya sama saja dengan pakan jenis-jenis kambing lainnya. pakan di bagi menjadui dua yaitu pakan hijau dan konsentrat. Pakan hijau terdiri dari rumput hijau segar, daun dan sebagainya. Sedangkan pakan konsentrat dapat ditambahkan untuk kebutuhan nutrisi kambing seperti bekatul padi.

Rumput adalah salah satu pakan yang sangat penting untuk kambing. Konsumsi rumput dapat menambahkan energi pada kambing agar tidak mudah sakit. Jenis rumput yang digunakan biasanya rumput lapangan. Pakan seperti dedak, batang kangkung, daun pepaya dapat diberikan untuk menambah nutrisi kambing. Selanjutnya kacang-kacangan juga dapat ditambahkan pada menu makan kambing sebagai sumber protein yang tinggi untuk kambing.

Perkiraan Umur Kambing

Umur kambing dapat diperkirakan dengan melihat gigi kambing yang telah tumbuh.
Ketika belum terdapat gigi permanen, kambing baru berumur kurang dari 12 bulan.
Satu pasang gigi permanen, usia 1-2 tahun
Dua pasang gigi permanen, usia 2-3 tahun
3 pasang gigi permanen, umur 3-4 tahun
Sudah lengkap gigi permanen, usia diatas 4 tahun


Demikian Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula 

Related : Panduan Tahap cara memelihara ternak budidaya kambing etawa untuk pemula

0 Komentar untuk "Panduan Tahap cara memelihara ternak budidaya kambing etawa untuk pemula"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.