-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

Jasa Design Kaos , Setting Film Sablon , Jasa Design Batik , Kerudung WA 081394478284

cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula


cara-ternak-budidaya-kroto-pakan-burung-di-rumah-untuk-pemula
cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula cara-ternak-budidaya-kroto-pakan-burung-di-rumah-untuk-pemula

Semut Rangrang ( Kroto ) merupakan jenis semut berukuran besar yang memiliki jumlah Koloni besar dan memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya.

Koloni Semut Rangrang ( Kroto )  dapat dimanfaatkan manusia sebagai sumber pakan burung berkicau peliharaan juga pakan berbagai macam jenis ikan .

Larva Semut Rangrang ini disebut dengan kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga dan ikan .

Banyak para pecinta burung kicau yang memanjakan burung peliharaannya dengan memberikan pakan burung kroto agar bisa memiliki suara kicauam burung yang merdu untuk kontes burung , inilah yang memicu banyak orang beralih mencari peluang usaha untuk membudidayakan kroto di rumahnya.

Cara membudidayakan beternak kroto dirumahan sangat mudah dan sederhana dengan modal biaya yang murah bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Berikut adalah cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula

Persiapan Larva Kroto

Sebenarnya mengambil larva semut merah dari alam ini boleh-boleh saja, asal terkendali dan dengan cara yang tepat. Masalahnya, cara pengambilan kroto kadang kurang bijaksana dengan merusak seluruh sarang hingga bisa membahayakan koloni semut merah.

Seharusnya, yang diambil itu sarang yang berisi telur atau larva saja. Sarang yang tak ada telurnya atau sarang ratu semut sepatutnya tidak diusik.


Lebih baik lagi, semut merah dibudidayakan untuk menghasilkan kroto. Apalagi, budidaya semut merah ini termasuk mudah dilakukan. Sebagai modal awal, kita cari sarang ratu semut. Memang perlu kerja keras membedah satu per satu sarang untuk menemukan sang ratu.

Begitu ditemukan , potonglah cabang tempat semut bersarang dan kita letakkan ke pohon inang baru. Agar mereka cepat nyaman di tempat baru, suguhi dengan bangkai serangga dan cairan manis. Secara alami, semut merah dapat menghasilkan 1 kg kroto dalam 10 hari.

Pembuatan Rak Untuk Budidaya Kroto

Rak yang dipakai bisa dari bahan besi, kayu atau pipa yang disambung. Rak besi ini bertujuan untuk koloni semut rangrang agar mereka dapat hidup di sekitar rak itu saja tidak keluar dari area rak tersebut, selain itu dengan  adanya rak tersebut kita dapat memonitor perkembangan  semut rangrang yang ada didalamnya.

Ukuran rak yang standar yaitu memiliki tinggi 1,5 m panjang 2m dan lebarnya 0,5m. Kemudian buatlah tahapan-tahapan pada rak tersebut dengan  ketinggian 30-40 cm dengan alas triplek, dan untuk ketinggian kaki dari batasan lantai ke rak yang paling bawah ukurannya sama yaitu 30 cm, hal ini menjaga semut supaya tidak keluar dari rak.

Sama halnya seperti rak untuk budidaya ulat hongkong, rak untuk budidaya kroto atau semut rangrang pun bagian kaki rak harus memakai wadah yang berisikan air atau oili, hal ini bertujuan untuk menjaga semut keluar dari rak atau kabur.

Rumah Sarang Untuk Semut Rangrang ( Kroto )

Media yang biasa digunakan untuk tempat sarang semut rangrang yang sering di pakai oleh para peternak semut rangrang yaitu toples plastik dan pipa.  Apabila kita menggunakan toples maka buatkan lubang pada toples tersebut dengan  diameter 1 cm dibagian samping atas toples, hal ini penting karena lubang kecil ini nantinya akan dijadikan jalur  untuk keluar masuk semut rangrang tersebut pada saat mengambil pakan yang berada diluar toples.

Setelah toples dilubangi maka semut rangrang siap untuk dimasukan, setelah semut masuk pada toples maka toples yang sudah dilubangi tersebut, tutup lubangnya sekitar 2-3 jam hal ini dilakukan supaya semut yang baru mendiami toples tersebut dapat beradaptasi  di dalam toples tersebut.

Sedangkan apabila anda ingin menggunakan pipa pvc atau paralon maka yang harus diperhatikan ukuran pipa tersebut, ukuran pipa yang akan digunakan yang memiliki ukuran 1,5 atau 2 inci, dan perlu diperhatikan bahwa ukuran ini sangat berpengaruh terhadap produktifitas semut tersebut ketika menghasilkan kroto.

Setelah anda mendapatkan pipa yang sesuai, potonglah pipa tersebut dengan ukuran panjang 20 cm, ukuran ini untuk memudahkan penyimpanan pipa tersebut di atas rak.

Pakan Semut Rangrang  ( Kroto )

Campur tangan manusia dengan menyediakan cairan manis, bangkai hewan kecil, tulang atau sisa makanan berdaging lainnya akan meningkatkan produksi. Sarang atau koloni semut merah dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari satu, yang terdiri atas sarang pusat, sarang telur, dan sarang satelit. Sarang pusat biasanya terletak di tajuk pohon. Di sarang pusat ini berdiam ratu semut, yang jumlahnya mencapai 2-6 ekor per koloni

Berikut ini beberapa jenis pakan kroto yang bisa Anda gunakan:

1.Ulat hongkong

Ulat hongkong ini merupakan pakan kroto yang kaya akan kandungan proteinnya, sehingga dapat member peningkatan kualitas pada kroto yang Anda budidaya nantinya. Selain protein, ulat hongkong juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti nutrisi, kadar abu, ekstrak non nitrogen, lemak kasar, dan air.

2. Ulat Pisang

Tak hanya ulat hongkong yang dapat menaikan kualitas kroto. Bahwa ulat pisang pun demikian karena kandungan gizi dalam ulat pisang ini sangatlah banyak. Selain kandungan gizi yang banyak, ulat pisang ini juga memiliki kandungan enzim, protein pembangun, dan protein hormone yang berfungsi dalam pertumbuhan kroto.

3. Cacing Tanah

Untuk memberikan pertumbuhan yang baik, sehat dan gemuk, ada baiknya Anda menggunakan cacing tanah sebagai pakan kroto milik Anda. Karena cacing tanah ini mengandung lemak yang sangat banyak. Selain lemak, cacing tanah juga mengandung protein, asam amino, karbohidrat untuk meningkatkan nafsu makannya, dan air.

4. Belalang

Belalang merupakan jenis pakan kroto yang paling difavoritkan oleh para kroto yang dibudidaya, karena cita rasanya yang gurih. Tak hanya cita rasa, belalang pun juga mengandung nitrogen, protein, dan gizi sebagai sumber energy para kroto.

5. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu jenis pakan kroto yang memiliki kandungan antioksidan yang bagus sebagai suplemen kroto yang dibudidaya. Beberapa kandungan dalam jangkrik ini di antaranya adalah gizi hormone sebagai asupan pertumbuhan, protein, omega 3 sebagai ketahanan tubuh kroto, dan kalori sebagai asupan perkembangbiakan kroto.


Lokasi Budidaya Kroto

Tak hanya pemilihan pakan pada kroto, lokasi budidaya pun perlu diperhitungkan dalam budidaya kroto. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam budidaya kroto mengenai lokasi budidayanya. Yaitu di antaranya:

Gunakan lokasi yang jauh dari keramaian dengan jarak sekitar 50 sampai 100 meter dari keramaian,
Gunakan lokasi yang merupakan dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1500 sampai 1800 meter di atas permukaan laut,
Kroto sangat suka hidup di daerah yang memiliki suhu sekitar 26°C, dan
Kelembaban udara sekitar 60 sampai 70%.

Perawatan Kroto

Jika Anda memutuskan untuk budidaya kroto, maka Anda juga perlu memutuskan perawatan kroto yang baik. Sehingga perawatan kroto dalam budidaya kroto ini dikatakan sangat penting demi kelangsungan hidup dan perkembangbiakan kroto. Jadi, Anda perlu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangbiakan kroto Anda secara intens. Anda pun juga perlu memperhatikan kandang kroto dengan adanya kualitas yang baik.

Sebenarnya, perawatan kroto ini sangatlah mudah dilakukan dan sangat efisien dilakukan. Anda bisa melakukan beberapa perawatan di bawah ini:

Bersih-bersih lokasi budidaya,
Membersihkan kandang kroto,
Memastikan kandang, bahwa kandang tidak bocor, dan
Keamanan dan kenyamanan pada kroto yang Anda budidaya.

Media Sarang

Dalam budidaya kroto, ada baiknya Anda memberikan media sarang kroto yang nyaman dan aman bagi kroto-kroto Anda. Hal ini sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan kroto yang Anda budidaya. Sehingga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan media sarang yang nyaman dan aman.

Gunakanlah media yang baru dan bersih, sehingga Anda perlu mencuci dahulu sarang nantinya,
Anda bisa menggunakan media sarang dari wadah bekas minyak atau wadah yang memiliki bau yang menyengat sebagai media sarang kroto. Tetap usahakan media sarang dalam keadaan bersih dan nyaman untuk kroto-kroto Anda.

Demikian cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula

Related : cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula

0 Komentar untuk "cara ternak budidaya kroto pakan burung di rumah untuk pemula"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.